Berkenalan Dengan Google Spreadsheet


Tentang Google Spreadsheet

Asyik Browsing - Google menghadirkan spreadsheet online pada tahun 2006 dengan paket Google Docs-nya. Sekarang di Google Spreadsheet, anda dapat membuat spreadsheet bersama pengguna lain secara online dari perangkat apa pun yang tersambung internet.

Google Spreadsheet adalah aplikasi berbasis Web yang memungkinkan pengguna untuk membuat, memperbarui dan mengubah dan membagikan data secara online. Google Sheet kompatibel dengan file Microsoft Excel dan CSV (comma-separated values). Tampilan dan fungsinya sama seperti alat spreadsheet lainnya, tetapi karena ini adalah aplikasi online, dia menawarkan fitur yang berbeda dengan spreadsheet lainnya. Berikut beberapa fitur unggulan Goole Spreadsheet:

Google Spreadsheet adalah aplikasi gratis berbasis web, dan dibundel dengan Google Drive, Documents, dan Slide untuk membagikan file, dokumen, dan presentasi secara online. Anda dapat mengumpulkan data dengan spreadsheet secara otomatis dan melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan, bahkan ketika spreadsheet Anda tidak terbuka.

#Google Spreadsheet dapat digunakan secara bersamaan dengan tim anda. 
#Google Spreadshet mendukung file Microsoft Excel (csv) dan masih banyak lagi. 
#Google Spreadshet mendukung semua perangkat (IOS, Android, Mac OS, Linux). 
#Hampir semua formula pada spreadsheet yang sama dengan spreadsheet lainnya. Jika Anda pernah menggunakan Excel, Anda pasti akan cepat paham menggunakan Google Spreadsheet.
#Formula unggulan yang tidak ada di Excel antara lain Regex, Importrange, Split, TextJoin, Transpose dan masih banyak lagi. 
#Google spreadsheet juga punya scripting sendiri namanya Apps Script. Anda dapat mengunduh add-on, membuat sendiri, dan menulis kode kustom. Dengan Apps Script anda dapat mengolah data serba otomatis dan praktis.

Demikian penjelasan dari saya semoga artikel yang saya buat dapat menambah wawasan dan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal menggunakan Google Spreadsheet. Kami akan mulai dengan dasar-dasar dalam blog ini kemudian diteruskan fitur lanjutan Google Spreadsheet.

Terimakasih, ditunggu artikel berikutnya.


Jika anda butuh bantuan untuk memecahkan permasalahan dengan rumus-rumus Google Spreadsheet tertentu, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang telah disediakan, melalui halaman contact atau sampaikan di FB Asyik Browsing.







Reaksi:
Posting Komentar